Cara Mengikuti Keadaan Dan Menyesuaikan Diri Dengan Daerah Kerja Gres
Apakah kita merasa berdebar dikala akan memasuki daerah kerja gres kita?
Yaitu masuk akal, Saya rasa setiap pekerja gres juga niscaya mencicipi hal yang sama.
Apalagi untuk orang yang pertama kalinya melakukan pekerjaan niscaya kita akan mencicipi perasaan cemas dan khawatir alasannya mesti bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan kawasan kita bekerja.
Daftar Tulisan
Kenapa Sih Kita Perlu Beradaptasi Dengan Lingkungan Kerja?
Sebenarnya proses adaptasi dilakukan untuk beradaptasi kita sendiri dengan lingkungan tempat kita melakukan pekerjaan , sesudah bisa beradaptasi kita akan sudah biasa dengan lingkungan tempat bekerja, merasa tenteram dengan pekerjaan baru, dan tentu akan menciptakan kita mampu melakukan pekerjaan secara maksimal dan pekerjaan tersebut bisa bertahan lama.
Jika tidak bisa beradaptasi tentu nantinya kita akan merasa canggung serta tidak nyaman dengan pekerjaan kita, dan ujung ujungnya kita tidak akan merasa betah dengan pekerjaan yang dijalani.
Nah untuk itu saya telah berbagi beberapa kiat yang mampu kita terapkan untuk menolong memudahkan kita mengikuti keadaan dengan tempat kerja gres kita.
Cara Praktis Beradaptasi di Tempat Kerja
1. Jalani proses perkenalan dengan baik
Sebagai karyawan baru biasanya minggu pertama kita akan mengalami periode masa pengenalan dengan lingkungan kerja. Disini umumnya kita akan diarahkan terkait apa saja pekerjaan kita, diberitahu kawasan daerah perlengkapan yang mungkin kita perlukan untuk menyelesaikan pekerjaan, diperkenalkan dengan orang orang yang melakukan pekerjaan dengan kita, dikenalkan dengan budaya kerja yang ada dan masih banyak gosip penting yang lain yang mesti kita ingat dan perhatikan.
Selama proses perkenalan ini kita harus lebih memfokuskan diri untuk mengamati dan mengambil isu sebanyak banyaknya.
Jangan ragu bertanya jika ada yang kurang dipahami sehingga di saat Kita mulai melakukan pekerjaan , tidak ada lagi hal yang tidak dikenali.
2. Bersikap Biasa Aja, Jangan Berlebihan
Tips selanjutnya yakni Kita mesti mengamati bagaimana cara sahabat teman kita melakukan pekerjaan kemudian mengikuti keadaan.
Selama kita bekerja sebagai karyawan gres terutama pada bulan bulan pertama, sungguh penting lebih mengamati dibandingkan dengan menunjukkan antusiasme yang berlebih. Walaupun bergairah bekerjsama normal, karena dengan memasuki lingkungan gres kita merasa bersemangat.
Antusias sih sebenarnya boleh saja, namun jangan hingga berlebihan.
Jangan sampai alasannya adalah antusiasme berlebihan itu, nantinya kita malah dinilai lebay oleh sobat teman yang lain.
Antusiasme berlebihan juga mampu membuat karyawan lain kurang menggemari kita alasannya kita hanya dianggap sedang mencari perhatian kepada atasan.
3. Bersikap Sopan Terhadap Semua Orang
bersikap sopan terhadap siapa saja baru yang Kita jumpai, paling tidak kalau berpapasan, jangan buang paras dan usahakan berikan senyuman. Siapa tahu orang yang tidak sengaja berpapasan tersebut ternyata mempunyai jabatan lebih tinggi dari pada kita kan. Jangan terlalu merasa khawatir saat berpapasan dengan bos atau manajer Kita. Sapa lah dengan sopan seperti lazimnya .
Intinya apapun jabatan dan posisi kita tetaplah menghormati orang orang yang sudah lebih dulu bekerja, karena mereka sudah lebih senior dibandingkan kita.
4. Cari Teman Dan Jalin Persahabatan Dengan Rekan Kerja Lain
Untuk mampu mengenal dan diketahui sesama rekan kerja, Kita jangan hanya duduk diam dan menunggu ditanya oleh orang lain. Kita justu harus lebih memiliki gagasan menghampiri dan mengawali mengajak berkenalan.
Misalnya ketika jam makan siang, bila tidak ada yang mengajak Kita, cobalah untuk mengajukan pertanyaan pada karyawan yang lain apakah boleh bergabung dan ikut makan bersama mereka.
Dari sana nantinya akan terjadi dialog yang akan menciptakan anda lebih dikenal dan mengenal wacana mitra mitra anda melakukan pekerjaan .
5. Jangan Terlalu Banyak Bicara
Walaupun mungkin kita Sudah merasa kenal dengan karyawan lain, namun kita mesti tetap menjaga biar tidak terlalu banyak bicara apalagi bercanda, khususnya ketika kita masih belum kenal benar dengan karakter teman sobat baru kita.
Takutnya kalau terlalu banyak bicara nanti malah menciptakan tersinggung perasaan orang lain.
6. Hindari Berbicara Negatif Tentang Tempat Kerja Baru
Bekerja di daerah baru akan ada saja hal yang menciptakan kita merasa kurang nyaman, sehingga mungkin menciptakan kita ingin membanding bandingkan dengan daerah kita bekerja sebelumnya.
Apa pun itu, daerah yang kurang nyaman, rekan kerja yang kurang menolong menuntaskan pekerjaan, dan berbagai ganjalan yang lain seharusnya di simpan terlebih dulu.
Daripada komplain tidak akan menciptakan apa apa, malah jika sampai didengar atasan akan membuat penilaian atasan terhadap kita menjadi buruk, Lebih baik pikirkan hal hal positif yang ada di daerah kerja baru kita dan syukuri pekerjaan yang sudah kita punya.
7. Buatlah Diri Kita Senyaman Mungkin Dengan Tempat Kerja
Yang selanjutnya ialah membuat diri kita sendiri tenteram.
Letakkan barang barang yang kita butuhkan di dekat kita, atur letak meja, kursi, komputer dan perlengkapan kerja yang lain pada tempat yang senyaman mungkin untuk membuat kita juga nyaman melakukan pekerjaan kita.
Jika kita tenteram dengan pekerjaan kita juga akan merasa betah, dan bekerja menjadi mengasyikkan.
8. Berdoa Agar Selalu Diberi Kemudahan
Tips yang terakhir dari aku yakni yaitu jangan lupa berdoa semoga segala permasalahan dan pekerjaan diberikan fasilitas dan kelancaran oleh Tuhan Yang Maha Esa.
Mungkin itu saja tips cara mengikuti keadaan dengan lingkungan kerja baru yang mampu kami berikan, semoga berguna dan berhasil dengan lingkungan kerja gres kita.
Comments
Post a Comment